Macam-macam Kain Tenun

Kategori Jual Tenun, Kain Tenun Etnik
Di lihat 23 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

kain tenun, kain tenun ikat, kain tenun murah

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan kebudayaan yang beragam. Bahkan hampir setiap daerah mempunyai kebudayaan yang berbeda. Banyaknya budaya di Indonesia juga bisa menjadi salah satu daya tarik para wisatawan mancanegara.

Salah satu warisan Indonesia yang terkenal adalah kain tenun. Tenun merupakan formalitas yang sudah turun temurun dari nenek moyang Indonesia yang patut kita lestarikan. Tidak hanya itu, kita juga harus mengembangkannya agar dapat menjadi warisan dunia.

Proses menenun dibutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1-2 bulan. Hal ini membuat kain tenun dijual mahal dipasaran. Walau pembuatannya cukup rumit, kita harus tetap mempelajarinya agar tetap lestari.

Di era modern ini, kita dapat dengan mudah mengenalkan kain tenunke seluruh dunia. Dengan begitu, penjualan tenun Indonesia akan menembus pasar Internasional. Dampaknya sangat besar untuk pengrajin Tenun dan perekonomian dalam negeri.

Ada beberapa daerah yang memiliki kerajinan kain tenun di Indonesia, dan setiap daerah akan memiliki ciri khas nya masing-masing. Adapun macam-macam kain tenundan daerah asalnya, sebagai berikut :

  1. Tenun Eos

Kain ini sudah sangat lama di produksi secara turun temurun. Tenun Eos berasal dari Batak, Sumatra Utara. Ciri khusus dari tenun ini adalah memiliki warna dominan merah, hitam, dan putih yang dihiasi dengan benang emas atau perak.

  1. Tenun Sumba

Tenun Sumba adalah salah satu kerajinan tenun yang dibuat oleh kaum wanita di daerah Sumba, NTT. Tenun ini juga menjadi salah satu yang terkenal. Ciri khusus dari kain tenun ini adalah dekorasinya yang indah, bermotif, dan ada yang menggunakan motif hewan atau bunga.

  1. Tenun Lurik

Kain tenun yang satu ini berasal dari Jawa. Ada sejarah yang mengatakan bahwa tenun ini sudah berkembang mulai dari zaman pra sejarah. Hal ini dibuktikan dari adanya prasasti peninggalan kerajaan Mataram yang menunjukkan adanya kain lurik pakan malang.

  1. Tenun Toraja

Tenun Toraja adalah salah satu tenun yang terkenal sampai mancanegara. Kain ini terbilang sangat unik, karena memiliki kedudukan yang sangat tinggi di dalam budaya Toraja. Kain ini sangat berperan penting di setiap upacara adat, dan sebagai simbol kemakmuran.

Selain Kain Tenun diatas masih banyak jenis kain tenun ikat tradisional lainnya yang memiliki banyak ciri khas dari berbagai daera di Nusantara ini.

 

Rp 159.999
Rp 159.999
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKain Tenun Ikat Tradisional
Harga Rp 159.999
Lihat Detail »
Keranjang>>